• Post author:
  • Post category:Berita
You are currently viewing Program Pascasarjana Jaring masukan untuk Rumuskan Visi Misi

TANJUNGPINANG – PASCASARJANA Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Tanjungpinang menjaring berbagai masukan guna perumusan Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran (VMTS). Kegiatan tersebut dilaksanakan secara tatap muka, di Ruang Tanjak Gedung Rektorat UMRAH Dompak, pada hari Rabu, 7 Juni 2023.

Peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut berjumlah 40 orang, terdiri dari Pimpinan UMRAH, Pimpinan Pascasarjana, Dekan, Ketua Prodi Magister,  Gugus Mutu, Dosen Tetap Magister Ilmu Lingkungan dan Magister Administrasi Publik, Perwakilan Mahasiswa, Alumni UMRAH, Stakeholder dan mitra kerjasama Pascasarjana diantaranya Poltekes Tanjungpinang, Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Provinsi KEPRI, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan , Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perindag, Dinas Pemberdayaan Masyaraakat dan Desa, PT Banyan Tree Bintan, PT Pulau Nikoi, Bintan Resort Cakrawala Lagoi Bintan, PT BAI, Organisasi Profesi seperti FORSILADI, ISOI serta tim akademik Pascasarjana UMRAH.

Hadir dalam kegiatan tersebut Rektor UMRAH Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi., DEA. Wakil Rektor  Bidang Akademik dan Perencanaan  Dr. T. Said Raza’I, SPi., MP. Direktur Pascasarjana Dr. Rumzi Samin, S.Sos., M.Si, Wakil Direktur Bidang Umum, Keuangan dan Kerjasama  Dr. Dody Dermawan, SE., M.Si dan Wakil Direktur Bidang Akademik Perencanaan dan Kemahasiswaan sekaligus sebagai ketua Panitia Dr. Desi Rahmatina, S.Pd., M.Sc.

Ketua panitia Dr. Desi Rahmatina, S.Pi., M.Sc menyampaikan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari disahkannya STATUTA UMRAH yang didalamnya memuat Visi Misi UMRAH sekaligis sebagai langkah awal Program Pascasarjana Di UMRAH yang baru berdiri. Visi Misi, Tujuan dan Sasaran (VTMS) menjadi penting karena sebagai penentu arah kebijakan dan program pengembangan Pascasarjana guna mendukung tercapainya Visi Misi UMRAH.

Selanjutnya Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi.,DEA dalam sambutannya menyampaikan bahwa menjadi keharusan visi misi Pascasarjana turunan dari visi misi UMRAH. Demikian juga, nantinya visi misi prodi-prodi magister dan doktoral harus tersusun dari turunan visi misi Pascasarjana. VMTS yang kita akan susun tentunya nantinya terimplementasi dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Penidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Oleh Karena itu masukan dan sumbangsih hadirin semua sangat bermanfaat agar selaras juga dengan permasalahan dan kebutuhan yang ada. Rektor UMRAH dalam sambutannya yang sekaligus membuka kegiatan mengapresiasi kepada Pascasarjana yang berhasil melaksanakan kegiatan perumusan VMTS ini.

Direktur Pascasarjana Dr. Rumzi Samin memaparkan tentang Rancangan dan Perumusan VMTS Pascasarjana yang dimoderatori Dr. Dody Dermawan. Dekan Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan Satria Agust, S.S.,M.Pd menyampaiakan dengan keahliannya dalam bidang Pendidikan memberikan masukan-masukan terhadap draf VMTS yang telah disusun oleh Pascasarjana. Diantara masukan tersebut berkaitan teknis penggunaan kata dalam tatabahasa dan substansi dalam struktur kalimat yang digunakan dalam VMTS perlu melibatkan ahli Bahasa.

Henry Singer dari PT Banyan Tree selaku mitra Kerjasama juga memberikan saran dalam kegiatan Ini, beliau menyampaikan sebaiknya penelitian mengenai ekonomi sirkuler jauh lebih dikembangkan. Hal ini berkaitan dengan ilmu lingkungan misalnya, terdapat fakta bahwa semakin banyak sampah yang ditemukan diperairan dan diharapkan penelitian dapat dilakukan guna mencari solusi dari sampah tersebut dan dimanfaatkan untuk pengembangan ekonomi masyarakat.

Dengan diadakannya kegiatan yang dihadiri oleh Pimpinan UMRAH, Pimpinan Pascasarjana, Dekan, Ketua Prodi Magister,  Gugus Mutu, Dosen Tetap Magister Ilmu Lingkungan dan Magister Administrasi Publik, Perwakilan Mahasiswa, Alumni UMRAH, Stakeholder dan mitra kerjasama Pascasarjana ini, sebagai bukti keseriusan PASCASARJANA UMRAH dalam merumuskan Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran (VMTS). Kegiatan ini diharapkan mampu menyelaraskan Visi,Misi, Tujuan dan Sasaran PASCASARJANA UMRAH dengan tri dharma perguruan tinggi dan dengan permasalahan dan kebutuhan yang ada.